Wannura

Koleksi Tumbuhan

Ketahui 7 Tanaman Hiasan Penyedut Racun September 6, 2012

Filed under: Landskap,Uncategorized — zainura66 @ 4:14 pm

Tanaman hias ternyata tidak hanya berguna untuk mempercantikkan hiasan dalaman (interior) mahupun hiasan taman (eksterior) rumah. Jenis tanaman tertentu, boleh melindungi anda dan keluarga dari bahaya polutan rumah bagi kesihatan. Perlu Anda tahu, pencemaran udara tidak hanya mengancam kesihatan saat kita di luar, tapi juga di dalam rumah. Ada beberapa jenis gas udara yang berbahaya (polutan) yang terdapat bersarang di dalam ruangan dan berpotensi menimbulkan gangguan kesihatan.

Selamatkan bumi, selamatkan kita….

Hindari pencemaran melalui tanaman
 
Pernahkah kita menyedari bahawa di rumah mahupun persekitaran kita di luar rumah dicemari dengan pencemaran yang berbahaya ?

GEJALA YANG SERING TIMBUL:

Pening, pitam dan mata berpinar-pinar
Rasa mual dan lesu
Mata, hidung dan tekak berasa pedih
Kulit terasa gatal dan alahan (alergi)
Rasa lemah dan lesu serta selalu mengantuk
Migrain dan sakit kepala yang berlarutan
Sesak nafas dan jantung berdebar tidak normal
Resdung (Sinusitis) atau selalu bersin setiap pagi
Bagaimana Gas beracun (pencemaran dari asap) cemari tubuh badan manusia ?

Gas Karbon dioksida (CO ) yang dihasilkan rokok, asap kendaraan dan dapur tersedut oleh manusia melalui proses pernafasan, kemudian gas CO tersebut akan ikut dalam aliran darah termasuk aliran darah jantung. Bila di dalam darah terdapat gas CO, maka hemoglobin akan lebih banyak terikat dengan CO, kerana daya ikatan CO dengan hemoglobin adalah 200-250 kali lebih kuat dari daya ikat oksigen dengan hemoglobin.

Bila terdapat kadar CO yang berlebihan dalam darah, maka pada akhirnya kadar oksigen dalam darah akan turun dengan drastik . Pada tubuh yang kekurangan oksigen dapat menimbulkan terjadinya hipoksia. Akibatnya jaringan tubuh juga akan kekurangan oksigen. Bila hipoksia menyerang otak, maka akan menimbulkan gangguan susunan syaraf pusat yang disebut ensefalopati. Apabila mengenai jantung dan darah disebut gangguan kardiovaskuler.

PERLU TAHU

Kajian yang dibuat oleh United State Environmental Protection Ag ency (US EPA) menekankan bahawa tahap pencemaran udara dalam ruang bumi adalah dua hingga lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan pencemaran udara di luar ruang. Ini merupakan salah satu dari lima pencemaran besar yang berisiko mengancam kesihatan masyarakat moden.
Pencemaran dalam ruangan cenderung disebabkan kerana asap rokok. Satu batang rokok mengandung lebih kurang 4000 jenis bahan kimia dan 40% di antaranya beracun. Bahan kimia yang paling berbahaya terutama nikotin, tar, hidrokarbon, karbon monoksida dan logam berat.

Asap rokok mengandungi berbagai bahan kimia yang dapat merosak kesihatan terutama bagi perokok pasif, bahkan berdasarkan penelitian, ternyata akibat yang terjadi lebih buruk pada perokok pasif dibandingkan dengan perokok aktif.
Satu jam berada dalam dapur dan menghirup asap dapur sama dengan perokok aktif yang menghisap 6 batang rokok.

Bahan berbahaya di sekitar kita :

1. Monitor tv atau komputer (radiasi)
2. Asap dapur, rokok, kenderaan
3. AC (penyebaran kuman legionare : penyebab radang paru-paru)
4. Eternit (formaldehid, silen/toluen)
5. Kosmetik (alkohol, aseton)
6. Permaidani / karpet (silen/toluen, bensin, alkohol)
7. Cat dinding (silen/toluen,bensin, alkohol, aseton)
8. Benzena (detergen/ Sabun kain)
9. Busa kursi (formaldehid) Kemampuan tanaman dalam menyerap zat-zat beracun sudah diteliti oleh NASA (National Aeronautic and Space Administration).
 
Fakta-fakta yang ditemukan :

Penelitian awal dilakukan dengan meletakkan 50 pokok tanaman hiasan,di antaranya Sanseivera, Philodendron, Spathiphillum, Lili paris, Aglaonema dalam sebuah ruangan tertutup dan mengandungi gas beracun, ternyata tanaman tersebut masih boleh hidup.

Bahagian tanaman yang menyerap racun adalah daun dan akar. Oleh kedua bahagian ini, udara yang dicemari telah diserap , dan kemudian dilepaskan lagi dalam bentuk udara bersih.

Dalam masa 24 jam, beberapa tanaman tertentu bahkan dapat mengurangi kadar zat beracun di udara sampai 87 %.

Untuk merasakan manfaat dari tanaman penghisap racun ini, setidaknya tempatkan satu pot tanaman untuk keluasan ruang sekitar 3m x 3m. Kemampuan berbagai jenis tanaman sebagai anti pencemaran

1. Palem Kuning

 
Palem Kuning, atau Areca Palm merupakan jenis tanaman rumah dengan pelepah daun cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Rata-rata tinggi pohon ini bisa mencapai 1-6 meter. Pohon ini harus ditaruh di tempat yang lembab agar tidak rusak, tapi pada dasarnya palem kuning bisa disimpan di mana saja, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis. Jenis palem ini mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde.

2. Palem Bambu

Tanaman ini memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Pohon ini tumbuh subur di area lembab, tapi jaga agar tidak terlalu banyak disirami air. Meskipun berfungsi menyedot polutan, palem bambu mungkin mengundang laba-laba atau serangga. Untuk mengantisipasinya, semprotkan cairan pestisida.

3. Karet Hias

Karet Hias, atau Ficus Robusta (nama latin) adalah salah satu tanaman yang kegunaannya menyerap formaldehid dan menghasilkan oksigen. Daunnya berwarna hijau muda, dan saat dipegang teksturnya kenyal. Oleh karena itu, pohon yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Rubber Plant. Karet Hias sebaiknya tidak ditaruh di tempat terlalu terang, terutama di bawah sinar matahari. Tempatkan di dalam ruangan dengan sedikit pancaran sinar.

4. Rhapis Excelsa

Rhapis Excelsa merupakan jenis palem yang tidak mudah rusak dan bisa beradaptasi di hampir setiap kondisi suhu maupun cahaya. Rhapis juga termasuk tanaman yang mudah dipelihara, tapi pertumbuhannya lambat.

5. Dracaena Deremensis

Tanaman ini mudah dirawat dan memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Dracaena bisa beradaptasi hidup di area dengan cahaya rendah jika penyiraman airnya dikurangi. Jaga tanah dalam pot agar tetap lembab dan sering-sering menyemprotnya dengan air hangat. Potong bila ada daun-daun yang mati untuk memberi ruang tumbuhnya daun baru.

6. Peace Lily

Peace Lily sangat bagus untuk membersihkan udara. Perawatannya juga tidak terlalu rumit, hanya perlu perhatikan penempatannya. Tanaman yang terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida ini perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Daunnya perlu sering disemprot dengan air hangat.

7. Pakis Boston

Pakis Boston punya ciri yang spesifik, sehingga Anda mudah mengenalinya. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai. Tanaman yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini bisa ditempatkan di lantai atau pot gantung. Pakis Boston menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehid dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat.

sumber : http://duniakaomao.blogspot.com/2012/09/7-tanaman-hias-penyedot-racun-di-dunia.html#ixzz25fvMlsl7

About these ads
 

One Response to “Ketahui 7 Tanaman Hiasan Penyedut Racun”


Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 74 other followers

%d bloggers like this: