Wannura

Koleksi Tumbuhan

KERAK NASI (Sambucus javanica) UNTUK SAKIT KUNING April 17, 2010

Filed under: Herba — zainura66 @ 6:33 pm
Tags: , ,

Sehat dengan Sangitan
Prof Hembing Wijayakusuma (01/15/2006)

Sangitan adalah habitus perdu dengan batang bulat dan bercabang banyak, tinggi sekitar 1-3 meter. Daun majemuk menyirip gasal, terdapat 5-9 anak daun. Anak daun bertangkai dengan helaian berbentuk elips memanjang sampai lanset, panjang 8-15 cm dan lebar 3-5 cm. Ujungnya runcing dengan tepi bergerigi, warna permukaan atas hijau tua sedangkan permukaan bawahnya berwarna hijau muda.

Bunganya kecil-kecil dan berwarna putih kekuningan, berkumpul membentuk payung majemuk, muncul dari ujung percabangan (terminal), baunya harum. Buahnya berupa buah buni, bentuk bulat dengan diameter 3-4 mm, bila masak berwarna hitam.

Sangitan merupakan tumbuhan asli Indonesia, tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggi 1000 meter diatas permukaan laut, menyukai tumbuh di tempat yang tidak terlalu kering atau terlalu lembab. Tumbuhan Sangitan banyak ditemukan tumbuh liar di daerah pegunungan, pinggiran kota pada tanah kosong, kadang ditanam di pekarangan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias. Perbanyakan dengan stek atau biji.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis Sangitan adalah rasa manis, pedas dan sedikit pahit dan hangat. Akarnya berkhasiat menghilangkan kholik dan menghilangkan pembengkakan. Batang dan daun berkhasiat sebagai peluruh kencing, menghilangkan pembengkakan, menghilangkan rasa sakit dan melancarkan sirkulasi.

Sangitan mengandung minyak esensial, asam kafeat, asam ursolat, p-sitosterol, alpha-amylin palmitate, armin, KNO. Asam ursolat merupakan komponen aktif yang berkhasiat sebagai penenang, menghilangkan rasa sakit dan pereda demam. Bagian yang dipakai adalah akar, batang dan daun, dijemur untuk penyimpanan.

Manfaat tumbuhan Sangitan adalah akarnya untuk luka terpukul, tulang patah, rematik, pegal linu, sakit kuning dan lainnya. Batang dan daunnya digunakan untuk mengatasi bengkak karena penyakit ginjal, beri-beri, radang saluran nafas kronis disentri, erysispelas (radang akut pada kulit yang cepat menjalar ke daerah sekitarnya juga disertai demam), dan lainnya. Seluruh tumbuhannya digunakan untuk kram/kejang pada kaki, sakit pada tulang, campak dan lainnya.

Dosis pemakaian: Pemakaian luar seluruh tumbuhan dicuci bersih dan direbus, airnya dipakai untuk mencuci luka atau tumbuhan dihaluskan. Lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Pemakaian dalam: gunakan 30-60 gram direbus lalu airnya diminum.

Pemakaian luar:

Pada bagian tubuh yang bengkak terpukul, gunakan daun segar dicuci bersih dan dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk campak atau rubella, gunakan seluruh tumbuhan secukupnya, dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan air secukupnya, dan selagi hangat airnya digunakan untuk mandi.

Bila menderita bisul, gunakan tumbuhan Sangitan dicucio bersih lalu digiling halus, tambahkan putih telur, diaduk lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk mengatasi rematik kronis, sakit pinggang, dan bengkak, gunakan tumbuhan Sangitan secukupnya dicuci bersih lalu direbus dengan air secukupnya. Selagi hangat airnya digunakan untuk mengompres bagian yang sakit.

Pemakaian dalam:

Bila menderita sakit kuning, gunakan 30-60 gram akar Sangitan yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya, lalu ditim dengan daging sapi. Setelah matang, airnya diminum dan dagingnya dimakan. Atau bisa gunakan 30 gram akar sangitan , 30 gram temulawak, dan 30 gram daun sendok lalu airnya diminum 2 kali sehari setiap kali 200 cc.

Untuk mengobati radang ginjal kronis, gunakan 30 gram tumbuhan sangitan , 30 gram rumput jagung, 60 gram akar alang-alang, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu airnya diminum untuk 2 kali sehari setiap kali 200 cc.

Bila menderita bengkak karena penyakit ginjal atau beri-beri, gunakan 30-60 gram Sangitan yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminum.

[Prof HM Hembing Wijayakusuma, ahli pengobatan
tradisional dan akupunktur; Ketua Umum
Himpunan Pengobat Tradisional &
Akupunktur se-Indonesia (Hiptri)]

Sumber : http://www.plantamor.com/

 

2 Responses to “KERAK NASI (Sambucus javanica) UNTUK SAKIT KUNING”

  1. azah Says:

    assalamualaikum…
    saye student yg akn bt FYP(final year project) psl pokok ni..blh x sye tau kt mne lg info yg saye blh dpat psl pokok ni????

    • zainura66 Says:

      Mula-mula dapatkan nama saintifik yang penuh dan betul dulu pokok yang dicari dan cuba cari buku herba di tokoh-tokoh kedai yang besar seperti Popular, MPH dan lain-lain insyaallah akan jumpa juga maklumat yang dicari. Terima kasih.


Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: