Wannura

Koleksi Tumbuhan

Zodia (Evodia suaveolens) BERACUN DAN MENAMBAHKAN STAMINA Julai 6, 2010

Pengenalan
Tanaman perdu ini berasal dari keluarga Rutacea. Tinggi tanaman 0.3 – 2 m dan panjang daun dewasa 20 – 30 cm. Bentuk zodia cukup menarik sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias. Zodia berasal dari Papua, namun saat ini sudah banyak tumbuh di Pulau Jawa. Tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 400 – 1.000 meter dpl.

Perkembangbiakannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan biji. Di daerah asalnya Papua, masyarakat di sana sudah lama menggunakan tanaman ini untuk menghalau serangga, khususnya nyamuk dengan menggosok kulitnya dengan daun zodia sebelum masuk ke hutan. Zodia memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine, sehingga menghasilkan aroma yang cukup tajam yang tidak disukai serangga. Selain itu, daun zodia terasa pahit, bisa digunakan sebagai obat tradisional, antara lain untuk menambah stamina tubuh, sementara rebusan kulit batangnya bermanfaat sebagai pereda demam malaria. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool 46 % dan apinene 13.26%.

Nah, linalool inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Menurut Agus Kardinan (2004), daun zodia mampu menghalau nyamuk selama 6 jam, dengan daya halau (daya proteksi) sebesar lebih dari 70 %. Selain efektif mengusir nyamuk, belakangan ini para ilmuwan menemukan khasiat lain dari zodia, misalnya penyembuh sakit kepala, disentri, dan pembunuh sel kanker.

Bunganya pun dapat dijadikan obat gosok untuk mengobati masuk angin.  Zodia akan mengeluarkan aroma bila daun-daunnya saling menggosok. Letakkan tanaman di sekitar tempat angin masuk dalam ruangan, bisa juga di sudut ruangan tertentu, kemudian tiup dengan kipas angin. Aroma yang cukup wangi pun akan keluar. Namun demikian, kita tetap harus waspada. Seandainya tanaman zodia diletakkan di ruangan yang sempit dan sedikit sirkulasi udara, biasanya orang yang ada di dalamnya pun pusing atau mabuk.  Lazimnya, tanaman ini ditanam dalam pot, dan digunakan sebagai tanaman dalam ruangan (indoor plant). Namun, baik juga bisa langsung ditanam di halaman rumah.Bahkan, bisa memberikan kesejukan tersendiri. Tinggi tanaman bila dibiarkan bebas di lapangan bisa mencapai 200 cm. Daunnya cantik sekali, hijau agak kekuningan, pipih panjang tapi lentur, dan menyejukkan mata yang memandang.

Tanaman zodia juga cukup mudah diperbanyak, baik melalui stek ranting maupun bijinya. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. Hanya saja, fase pertumbuhan membutuhkan perhatian tersendiri. Bila langsung kena sinar matahari, ia boleh mati. Sebaliknya, bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sihat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.

Tanaman zoodia ini mampu mengusir nyamuk. Wangi dan tidak sukar memeliharanya.

Perawatan :

Cukup ditaruh di dalam rumah dan pagi hari dikeluarkan untuk menghirup udara dan disiram.  Tanaman ini termasuk bandel dan tidak terlalu perlu perawatan khusus. Berbunga/berbuah tidak sampai 1 tahun dan bijinya langsung jatuh (pecah sendiri) di sekitar pohon dan langsung tumbuh jadi tunasnya yang baru bisa diletakkan di tempat lain (pot).
Zodia termasuk tanaman yang menyenangi matahari, karena itu tanaman ini harus dikeluarkan dari ruangan setiap hari. Penyiramannya tidak usah terlalu sering, cukup 2 kali seminggu.

Letak di mana?
Tanaman-tanaman  ini bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Yang paling tepat adalah menaruhnya di dekat jendela, pintu, ventilasi dan tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah. Selain mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, hembusan angin bisa membuat aroma tanaman ini menyebar.

Tip
Jika tanaman sudah rimbun, sebaiknya tanaman tetap berada di luar. Petik saja beberapa lembar daun yang sudah tua, taruh di atas piring, dan letakkan di dalam ruangan. Daun di atas piring ini bisa tahan sampai dua bulan.

 

4 Responses to “Zodia (Evodia suaveolens) BERACUN DAN MENAMBAHKAN STAMINA”

  1. badrul Says:

    kat mana nak dapatkan anak benih pokok nie, sy minat nak tanam kat laman rumah saya.

  2. zainura66 Says:

    boleh cuba cari di nurseri yang jual pokok .

  3. Atiqah Says:

    awak ada tumbuhan ni? di mana nak cari kalau di Malaysia, di sabah?saya sekarang sedang melakukan penyelidikan.

  4. Atiqah Says:

    Kat mana nak dapatkan tumbuhan ni kalau di sabah?saya perlukan sangat tumbuhan ni.untuk buat penyelidikan.


Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: